Manfaat daun seledri untuk mengobati dan mencegah beberapa penyakit



Seledri adalah sayuran yang masih termasuk kedalam keluarga apiaceae, seledri ini sangat terkenal karena sering digunakan sebagai bumbu masakan dan juga untuk menjadi obat menjaga kesehatan tubuh. 
Beberapa orang yang sedang menjalani diet biasanya sering mengkonsumsi batang seledri, batang seledri yang renyah ini biasanya di konsumsi sebagai cemilan dengan kalori yang rendah. 
Seledri ini bukan hanya memiliki kalori yang rendah, tetapi masih banyak alasan lain kenapa seledri banyak di konsumsi atau di tambahkan dalam beberapa makanan. 

Ada yang mengatakan bahwa manfaat daun seledri ini bisa melancarakan saluran pencernaan dan kardiovaskular, dan juga ada beberapa orang yang menggunakan seledri untuk pengobatan meringankan rasa sakit. 
Pada artikel ini kami akan memberikan manfaat-manfaat dari daun seledri yang mungkin belum kamu ketahui, check it out!

Manfaat-manfaat dari daun seledri sebagai berikut :

1.Meredakan Inflamasi (peradangan)
Sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan di molecular nutrition and food research ini  menyelidiki apakah kandungan kimia yang terkandung dalam seledri ini bisa mengurangi atau menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh peradangan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi seledri dapat mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan kekebalan tubuh.

2.Menurunkan Tekanan Darah
Untuk kalian yang memiliki riwayat penyakit hipertensi kalian bisa menkonsumsi seledri, bisa di jadikan jus tanpa tambahan gula. Beberapa penelitian memang menyebutkan bahwa seledri ini memiliki potensi menurunkan tekanan darah.

3.Mencegah Kanker
Sledri dipercaya dapat mencegah kanker. Seledri mengandung flavonoid yang disebut dengan luteolin. Para peneliti mempercayai bahwa luteolin dapat memiliki sifat anti kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh current cander drug target mengatakan bahwa studi epidemiologi baru-baru ini mengaitkan property pencegah kanker dengan luteolin. para peneliti melihat bahwa luteolin membuat sel kanker lebih rentan terhadap serangan dari bahan kimia yang digunakan dalam terapi. Ternyata daun seledri juga memiliki kandungan luteolin yang cukup banyak, sehingga daun seledri dipercaya dapat mencegah kanker

4.Mengurangi Hyperlipidemia
Hyperlipidemia terjadi karena adanya peningkatan molekul lemak Dallam darah. Seringkali tidak ada gejala tetapi meningkatkan resiko jangka panjang penyakit jantung dan juga stroke. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di advances in environmental biology meneliti apakah ekstrak seledri dapat mengurangi hyperlipidemia, hasil menunjukan bahwa ekstrak seledri memang mengurangi jumlah LDL atau kolestrol (lemak jahat).

5.Merangsang Neurogenesis
Kanddungan Apigenin yang terkandung dalam seledri juga diyakini dapat merangsang neurogenesis, pertumbuhan dan juga perkembangan sel-sel saraf. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2009 ini menyelidiki efek apigenin pada hewan uji, dan temuan menunjukan bahwa, ketika disuntikan atau secara oral, apigenin meningkatkan pembelajaran dan juga memori. Hal tersebut memungkinkan adanya efek yang sama pada manusia

6.Manfaat Lain Dari Daun Seledri
Manfaat lain dari seledri juga dapat berguna untuk mengobati nyeri sendi dan menenangkan system saraf.

Seledri memang  dipercaya memiliki sifat obat. Pusat medis dari universitas Maryland (UMM) mengatakan bahwa seledri memang sudah lama digunakan untuk pengobatan, beberapa penyakit seperti:
  • -Radang sendi dan asam urat
  • -Kejang otot
  • -Peradangan
  • -Tekanan darah tinggi
  • -Masuk angin dan flu
Selain untuk penyakit-penyakit tersebut daun seledri juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kulit.  
Memang banyak sekali khasiat dari daun seledri ini!