Cara Mengatasi Url Error 404 Page Not Found Di Blogspot


TANKYSTREET - Selain ikon QuickEdit yang mensugesti kualitas SEO suatu situs web, nyatanya URL Error 404 Page Not Found pun sangat tidak direkomendasikan oleh para pakar dan hebat SEO.

Yang dimaksud URL Error 404 Page Not Found ialah sebuah tautan/halaman yang apabila dikunjungi, ternyata halaman tersebut sudah tidak tersedia lagi di dalam situs tersebut. Penyebabnya sebab salah satu artikelnya di hapus, URL rusak, atau situs yang sudah di hapus.

Syukurlah apabila template blogger yang kau gunakan, sudah mendukung halaman Redirect yang mengarah ke halaman khusus yakni 404 Page Not Found.

Sayangnya, pengalihan halaman yang rusak menuju ke halaman khusus 404 Page Not Found itu kurang bagus. Kenapa? Karena halaman tersebut masih akan terdeteksi error, dan terdeteksinya error ini akan tercatat di Google Console.

Google Console, di sebut juga Google Webmaser Tools merupakan tool milik Google - sebuah daerah untuk registrasi situs, pengecekan Backlink, kerusakan halaman situs (404 Page Not Found), pengajuan halaman Sitemap, dan banyak lagi.

Semakin banyak error yang terdeteksi pada Google Console, semakin buruk pula reputasi situs tersebut di mata Google.

Alih-alih artikel ingin mendapat posisi teratas di Google, yang ada malah #ranking situs akan jatuh, dan gampang dikalahkan oleh situs pesaing lainnya.

Untuk mengatasi persoalan halaman error yang tidak ditemukan, ada 2 opsi yang dapat kau gunakan.

1. Cara Menghilangkan URL Error 404 Page Not Found dengan JavaScript (Js)

Salah satu cara yang dapat kau gunakan dan manfaatkan ketika ini ialah memasang JavaScript (Js) khusus guna menghilangkan dan mengatasi URL Error 404 Page Not Found di blog.

b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'> <script type='text/javascript'> BSPNF_redirect=setTimeout(function() { location.pathname= &quot;/&quot; }, 1); </script> </b:if>

Pasang arahan di atas, sempurna di atas arahan </body> dan simpan template blogger.

Jadi, cara kerja JavaScript (Js) tersebut yakni akan mengalihkan Permalink yang rusak (tidak ditemukan) secara otomatis menuju ke halaman awal/depan (homepage).

2. Cara Mengatasi URL Error 404 Page Not Found dengan Remove URLs

Setelah melaksanakan tutorial No. 1 di atas, ada "pekerjaan" ekstra apabila situsnya tidak ingin terdeteksi URL Error 404 Page Not Found; yakni dengan menghapus URL artikel tersebut di Google Console.

Contohnya ibarat ini; URL artikel ini misalnya, dengan tautannya:

URL di atas ialah URL yang mengarah artikel yang sedang kau baca ketika ini. Contoh kasusnya, Content ini kami hapus. Bukan berarti sesudah dihapus, lantas kami mengabaikannya begitu saja.

Mengapa? Karena URL ini sudah di Crawling dan muncul di Google. Jika di cari oleh pembaca, kebetulan terlihat, dan dibuka; maka akan muncul URL Error 404 Page Not Found.

Maka dari itu, kau harus menghapus tautan URL ini. Cukup gampang kok caranya.

Klik tautan Google Console disini: Google Webmaster Tool
Pilih salah satu blog, kemudan klik Indeks Google, selanjutnya tekan sajian Hapus URL (Remove URLs)
Tekan tombol Sembunyikan Sementara, kemudian masukan URL artikel yang sudah di hapus, dan klik tombol Terus (Next)
Pada Jenis Permintaan, pilih opsi Sembunyikan halaman dari hasil penelusuran dan hapus dari cache untuk sementara
Terakhir ketuk tombol Kirim Permintaan, dan Selesai

Oh iya, tutorial No. 2 ini berlaku untuk semua variasi protokol jaringan yang kau gunakan, semisal HTTP/HTTPS dan WWW/Non-WWW.

Makara itulah tutorial bagaimana cara mengatasi URL Error 404 Page Not Found dengan cara memakai arahan JavaScript, dan dengan cara Remove URLs.