Cara Flash Hp Samsung Android Memakai Odin Terbaru




Salah satu cara flash hp Samsung Android ialah dengan menggunakan software atau aplikasi Odin. Odin ialah software utilitas yang dikembangkan dan dipakai secara internal oleh Samsung. Odin disebut-sebut merupakan software atau aplikasi flash android terbaik untuk hp Samsung.
Software ini sendiri tidak diklaim kepunyaan Samsung dan tidak pernah mereka merilisnya dengan resmi. Namun diyakini kalau Odin merupakan aplikasi milik Samsung yang bocor dengan sengaja, tersebar (wikipedia). Kemudian balasannya beberapa jago pemrograman yang tergabung di lembaga XDA terus menyebarkan dan menyempurnakannya biar sanggup dipakai untuk nge-flash hp Android Samsung hingga sekarang dengan banyak sekali fitur dan fungsi suplemen lainnya.



Pertanyaannya kemudian, seberapa pentingkah melaksanakan flash pada hp?. Jika itu menyangkut permasalahan kerusakan sistem pada hp, tentu saja sangat penting.

Namun proses flash tidak hanya dipakai untuk memperbaiki kerusakan sistem hp. Flashing juga sanggup dipakai untuk mengudate firmware hp Android ke versi yang lebih baru.

Ada kasus dimana vendor hp tidak / belum menyediakan update ota firmware perangkat mereka. Misalnya saja hp tersebut menggunakan Android Jelly Bean. Padahal dari spesifikasi, hp tersebut sanggup menggunakan Android KitKat.

Karena tidak tersedia update / upgrade via ota (resmi), jalan keluarnya ialah dengan melaksanakan proses flashing untuk sanggup menggunakan sistem Android KitKat pada hp Android tersebut. Nah, dengan Odin Anda sanggup melakukannya dengan mudah.

Sayangnya tidak banyak yang mengaplikasikannya. Flash dengan Odin terutama hanya dilakukan untuk mengatasi permasalahan hp Samsung sering muncul peringatan aplikasi terhenti, bootloop (kegagalan start up atau booting berkali-kali) hingga pesan error lainnya.

Persyaratan Menggunakan Odin di PC
Saat ini, pengembang belum merilis Odin untuk platform sistem operasi selain Windows. Jadi, bagi Anda yang menggunakan platform menyerupai Linux, belum memungkinkan menggunakan software flashing ini. Berikut persyaratan untuk sanggup menginstal dan menggunakan Odin.

Persyaratan Sistem Softaware Flashing Odin terbaru

PC / Laptop dengan sistem operasi Windows
Driver USB Samsung terbaru atau sesuai dengan tipe hp

Cara Flash HP Android (Samsung) Lewat PC Menggunakan Odin
Masalah HP Samsung bootloop, peringatan aplikasi terhenti, pesan error, dsb sanggup diatasi. Caranya tentu saja dengan melaksanakan flashing atau instal ulang sistem operasi (firmware) hp Samsung yang bermasalah tersebut dengan tool kecil ini.

Cara menggunakan Odin juga terbilang mudah. Tidak perlu keahlian khusus.

Cara menggunakan Odin / flash hp Samsung

Download Firmware hp Samsung yang akan di flash.
Download Driver USB Samsung terbaru kemudian install.
Download Odin untuk flash HP Samsung Android.
Kemudian matikan hp Samsung yang akan di flash.
Masuk ke “Download Mode”. Caranya ialah dengan menekan dan menahan secara bersamaan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Down hingga muncul tanda warning.
Lanjutkan dengan menekan tombol Volume Up (baca isyarat yang tampil) untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.



Sambungkan hp Samsung ke pc atau laptop menggunakan kabel USB.
Double klik dan buka aplikasi Odin.
Lihat apakah Odin sudah mengenali hp Samsung yang disambungkan. Tandanya, kotak pada kolom ID : COM tertulis nomor PORT.
Kemudian klik sajian “PDA” kalau menggunakan Odin v3.09 atau klik sajian “AP” kalau menggunakan Odin terbaru.


Selanjutnya pilih firmware yang sudah di download tadi.
Langkah terakhir ialah klik tombol “Start” untuk memulai proses flash hp Samsung.
Proses flash hp Samsung sukses kalau keluar goresan pena PASS.

Itulah sedikit pengenalan mengenai Odin, software atau aplikasi untuk flash HP Samsung Android melalui PC. Jika bermanfaat silahkan di share.